Persiapkan Diri Menyambut Ramadhan

May 10, 2017

moonwatch

Rajab adalah bulan untuk menanam, Sya’ban adalah bulan untuk mengairi dan Ramadhan adalah bulan untuk memanen. (Lathaaiful Ma’arif: 130)

Begitu cepat waktu berputar. Tak terasa, dalam hitungan hari, insya Allah kita akan berjumpa dengan bulan yang selalu dinanti-nantikan umat Muslim di seluruh dunia. Bulan Ramadhan bulan yang mulia, di mana pada saat itu pintu-pintu syurga dibuka lebar-lebar dan pintu neraka ditutup. Ini bisa kita lihat dari hadits berikut:

“Jika tiba bulan Ramadhan, maka dibuka pintu-pintu syurga dan ditutup pintu-pintu neraka serta dibelenggu semua syaitan.” (HR. Bukhari nomor 3035 dan Muslim nomor 1793)

Menyambut bulan yang penuh maghfiroh di mana amal perbuatan baik akan dilipatgandakan tentu perlu mempersiapkan diri. Lalu, apa yang perlu kita persiapkan menyambut hadirnya bulan penuh berkah ini?

  1. Berdoalah

Sebagai manusia, kita dapat merencanakan segala sesuatu untuk waktu ke depan. Namun, kita tentu percaya bahwa rencana Allah SWT tak kita ketahui. Karena itu, doa akan menjadi pengharapan kepada Sang Pemilik Semesta bahwa kesempatan kita berjumpa dengan Ramadhan adalah kehendak-Nya.

Mari perbanyak do’a agar Allah SWT memberikan kesempatan kepada kita untuk bertemu dengan bulan Ramadhan dalam keadaan sehat wal ‘afiat. Tentu kita menyadari bahwa nikmat terbesar yang diberikan Allah kepada seorang hamba adalah ketika kita diberikan kemampuan untuk melakukan ibadah dan ketaatan.

“Barangsiapa yang menegakkan Ramadhan karena iman kepada Allah dan mengharapkan pahala (hanya dari-Nya) maka akan diampuni dosa-dosa yang telah dikerjakannya.” (HR. Bukhari nomor 1870)

  1. Bertekad Ber-amar Ma’ruf Nahi Munkar

“Segala amal kebaikan anak Adam itu dilipat-gandakan pahalanya dari sepuluh hingga tujuh ratus kali. Allah berfirman: Kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku memberikan balasan kepadanya karena dia telah meninggalkan syahwat dan makan minumnya karena Aku.” (HR. Muslim nomor 1945)

Allah SWT telah menjanjikan pahala yang berlipat-ganda. Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk kita mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dan memperbaiki diri. Bersungguh-sunggulah dalam melakukan amalan shalih. Selama bulan ini kita dapat menempa diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Namun, bukan berarti perbuatan baik tersebut kita tinggalkan setelah Ramadhan berakhir.

Selain memperbaiki diri, Ramadhan adalah saat yang tepat untuk kita melakukan taubatan nasuha atas perbuatan buruk yang telah kita lakukan. Sambutlah Ramadhan dengan membuka lembaran baru yang bersih. Berusahalah semaksimal mungkin untuk dapat meninggalkan kebiasaan buruk dan dosa.

Memang berat mengubah kebiasaan kita dan mengagendakan berbagai kegiatan untuk kita lakukan. Tapi, niatkan bahwa dengan memperbanyak berbuat kebaikan dan menjauhi dosa, kita berharap akan mendapatkan keutaman-keutamaan Ramadhan.

  1. Rencanakan Kegiatan yang Bermanfaat

Bertekadlah mengisi waktu-waktu Ramadhan dengan ketaatan dan berbagai agenda kegiatan yang dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Kita dapat merencanakan berbagai kegiatan yang dapat kita lakukan selama Ramadhan. Kita yang kita agendakan dapat kita lakukan sendiri, bersama keluarga, atau kerabat lainnya.

Selain memperbaiki diri, Ramadhan adalah momen yang tepat untuk menyambung tali silaturahmi dengan kerabat-kerabat kita. Merencanakan kegiatan bersama kerabat dan sanak keluarga baik berupa kegiatan belajar (memperdalam ilmu agama), kegiatan sosial, atau sekedar berkumpul bersama untuk melakukan ibadah tentu akan menjadi bermakna.

Sahabat Al Qolam, mari manfaatkan Ramadhan untuk memperbanyak berbuat kebaikan, sebagai bekal untuk kehidupan nanti. Semoga Allah SWT memudahkan kita dalam meraih limpahan pahala di bulan Ramadhan.

Aamiin Yaa Mujibassailin.

Leave a Comment