6 Tips Singkat Lancar Membaca Al Quran

January 24, 2017
by Office Al Qolam

Mushaf-Wanita-5 WV

1. Niat

Belajar sesuatu, apapun itu perlu diawali dengan niat. Karena tanpa niat yang kuat, kita akan selalu punya alasan untuk menunda belajar. Ketika di tengah jalan kita mulai bermalas-malasan, ingat kembali niat awal kita belajar untuk apa. Sedikit banyak ini akan membantu kita untuk tetap punya komitmen belajar.

Termasuk ketika kita ingin memperlancar bacaan Al Quran kita. Niatkan bahwa Anda benar-benar ingin belajar dan memperlancar bacaan Anda dengan niat ibadah.

2. Luangkan Waktu

Waktu menjadi alasan bagi banyak orang untuk menunda belajar. Komitmen terhadap waktu perlu kita miliki agar apa yang kita niatkan dapat dijalani dengan baik. Tentu dengan hasil yang memuaskan seperti yang kita ingin. Ini juga berlaku jika kita ingin belajar membaca Al Quran atau memperlancar bacaan kita.

Buat jadwal dan pastikan kita komitmen untuk menjalaninya. Misal, sehari sekali sepulang kerja sisihkan waktu untuk belajar. Tak perlu lama-lama, yang penting konsisten. Cukup 10-20 menit. Atau bisa per halaman. Pilihan waktu atau halaman ini bisa disesuaikan menurut kebutuhan kita masing-masing.

3. Pilih teman sebagai pembimbing

Al Quran menggunakan bahasa Arab, yang bukan merupakan bahasa kita sehari-hari. Tentu butuh kerja keras untuk kita bisa membacanya dengan lancar dan berharap nanti mampu untuk memahaminya. Kita butuh teman ketika ingin memperlancar bacaan.

Teman yang bacaannya sudah fasih akan menjadi penyimak bacaan kita, membenarkan jika ada kesalahan bacaan, tajwid, dan pelafalan. Dan yang tidak kalah penting, teman akan menjadi pengingat pada niat awal belajar jika di tengah perjalanan kita menemui kemalasan ketika belajar.

Teman bisa dari teman sebaya, keluarga, kerabat, atau yang kita percaya sebagai ustadz/ustadzah. Jadi, pilihlah seseorang yang cocok menjadi pembimbingmu dalam belajar membaca Al Quran ini ya.

4. Gunakan Metode belajar

Keterbatasan waktu menjadi alasan bagi mayoritas kita untuk menunda belajar. Kesibukan sehari-hari menyita sebagian besar waktu yang kita punya. Nah, metode belajar membaca Al Quran yang banyak beredar saat ini bisa menjadi pilihan kita untuk belajar dengan lebih cepat. Tak perlu memakan waktu yang lama, asal kita punya komitmen untuk tetap konsisten dalam belajar.

5. Jadilah Pendengar Yang Baik

Jangan remehkan menjadi pendengar. Otak kita dapat memproses dengan lebih cepat kita semua indera kita turut aktif melakukannya. Memanfaatkan indera pendengaran dapat membantu kita mempermudah dalam belajar membaca Al Quran. Caranya? Dengarkan murrotal atau tilawah dari Qori’ atau Qori’ah lewat mp3 atau lainnya.

6. Sabar

Diawali dengan niat dan diakhiri dengan sabar. Kesabaran menjauhkan kita dari sikap putus asa. Inilah kunci kita bisa dengan mudah belajar membaca Al Quran.

Yuk, ikut berantas buta Al Quran dengan tidak menunda lagi untuk belajar membacanya.

 

Leave a Comment