Alam Semesta di Dalam Al Quran

February 10, 2017
by Office Al Qolam

Alam-Semesta-Bisa-Berbentuk-Datar2

Assalamualaikum,

Tahukah kalian kalau banyak fenomena alam  yang terjadi di alam semesta ini sudah tercatat dalam Al Quran jauh sebelum fenomena tersebut ditemukan oleh penelitian manusia.

  1. Sungai di Bawah Laut

Beberapa tahun lalu dunia sempat di hebohkan dengan berita ditemukannya sungai yang mengalir di dasar laut oleh seorang penyelam bernama Mr. Jacques Yves Costeau.

Pada suatu hari sedang menyelam dan merasakan hal yang ganjil, ia menemui beberapa kumpulan mata air tawar yang tidak bercampur dengan air laut seolah-olah ada dinding yang membatasi keduanya.

Fenomena ini ternyata seudah tertulis di dalam Al Quran :

“Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan) ; yang ini tawar lagi segar dan yang lain masin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi.” (Q.S Al Furqan:53)

 

Mengetahui apa yang dilihatnya telah tertulis di dalam AL Quran, sang penyelam meyakini bahwa Al Quran adalah kitab suci yang kandungannya mutlak benar, ia pun masuk Islam.

 

  1. Lautan yang tidak bercampur

Terdapat gelombang besar, arus kuat, dan gelombang pasang di Laut Tengah dan Samudra Atlantik. Air Laut Tengah memasuki Samudra Atlantik melalui selat Jibraltar. Namun suhu, kadar garam, dan kerapatan air laut di kedua tempat ini tidak berubah karena adanya penghalang yang memisahkan keduanya. Banyak peneliti yang ingin menemukan jawaban atas fenomena ini, namun Al Quran telah menuliskan hal tersebut dalam ayat :

“Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu, antara keduanya ada batas yang tak dapat dilampaui oleh masing-masing.” (QS. Ar Rahman:19-20)

 

  1. Tujuh lapis langit

Saat ini benar-benar diketahui bahwa atmosfer bumi terdiri atas lapisan-lapisan yang berbeda yang saling bertumpukan. Lebih dari itu, persis sebagaimana dinyatakan dalam Al Qur’an, atmosfer terdiri atas tujuh lapisan. Para ilmuwan menemukan bahwa atmosfer terdiri diri beberapa lapisan. Lapisan-lapisan tersebut berbeda dalam ciri-ciri fisik, seperti tekanan dan jenis gasnya.

 

“Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak menuju langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al Baqarah:29)

 

“Kemudian Dia menuju langit, dan langit itu masih merupakan asap. Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa dan Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya.” (QS. Fussilat:11-12)

 

Masih banyak sekali fenomena sains yang ada di alam semesta ini dan sudah tertulis di Al Quran sebelumnya. Yakinilah, Al Quran adalah kitab Allah yang isinya adalah kebenaran yang mutlak. Yuk, kita perdalam lagi ilmu kita mengenai Al Quran dan kita tingkatkan rasa cinta kita terhadap Al Quran.

 

Wasalamualaikum,

Leave a Comment